Mengenal Dan Tips Mengatasi Retak Rambut Dinding Rumah

Memiliki dinding rumah yang mulus dan bagus, menjadi idaman semua pemilik rumah. Sayangnya, Dinding rumah kerap kali mengalami hal yang tidak diinginkan salah satunyanya ialah Retak Rambut. 

 Memiliki dinding rumah yang mulus dan anggun Mengenal dan Tips Mengatasi Retak Rambut Dinding Rumah


Retak Rambut dinding ialah salah satu jenis retak pada dinding rumah, tapi alasannya ukuran retakannya yang kecil yakni sekitar 1 mm. Maka retakan pada dinding ini disebut Retak Rambut.
Meskipun ukuranya kecil, tapi banyak kasusu retak rambut pada dinding bangunan berbentuk memanjang dan mengganggu keidnhana dinding rumah. Bahkan kalau dibiarkan reatk rambut pada dinding rumah ini berpotensi menjadi retakan yang lebih besar dan akan menjadikan kerusakan yang lebih parah.

Untuk mengatasi retak rambut sebelumnya kita perlu memastikan terlebih dahulu jenis retakan tersebut. Apakah retakan yang terjadi alasannya retak sturktural atau non-struktural. Untuk mengetahuinya ktia sanggup lakukan dengan cara mengelupas (melukai) cuilan dinding yang retak. Jika hanya retakan hanya muncul hingga plester, berarti keretakan yang terjadi hanya retak non-struktural dan tidak mempengaruhi struktur dinding, sehingga penanganannya tidak memerlukan pemberian jago dan sanggup anda perbaiki sendiri.

Umumnya penyebab retak rambut non-struktural terjadi alasannya proses pengerjaan plesteran kurang baik. Seperti penggunaan komposisi (campuran) adukan semen, pasir, dan air tidak dalam dosis perbandingan yang pas; pasir dengan kadar organik yang tinggi; pasangan bata belum kering atau terlalu kering; atau aplikasi pada cuaca panas terik.

Dan untuk memperbaiki retak rambut dinding rumah dengan menambal cuilan yang retak enggunakan mortar acian yaitu gabungan antara semen dan air. Teknisnya, dimulai dengan membuka lapisan dinding dalam yang retak, dengan lebar permukaan atau jarak dari kiri ke kanan sekitar 5 cm.

Setelah itu siram permukaan dinding dan diamkan selama beberapa menit kemudian mulailah menambal cuilan yang retak dengan mortar acian, dengan ketebalan sesuai dinding sebelah kiri dan kanan yang tidak retak.

Setelahnya tunggu hingga 14 hari biar mengering tepat kemudian lakukan pengecatan dengan warna cat yang sama dengan cat sebelumnya. Jika retak cukup banyak sebaiknya buka lapisan plesteran dengan area lebih luas, lakukan dengan cara yang sama di atas satu area dinding sehingga hasil cat-nya lebih homogen.

Sedangkan kalau retakan rambut terjadi alasannya faktor struktural, sebaiknya anda mendatangkan hali dibidang tersebut, kareana dimungkinkan ada struktur bangunan pada dinding tumah anda yang mengalami kerusakan sehingga dinding rumah mengalami retak. Untuk itu anda harus melaksanakan perombakan pada struktur dinding rumah, biar retakan dapar teratasi dengan baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Dan Tips Mengatasi Retak Rambut Dinding Rumah"

Post a Comment