Cara Menghitung Luas Bangunan, Rumah Dan Luas Tanah

Luas Bangunan – Setiap melaksanakan pembangunan sebuah rumah ataupun gedung niscaya yang harus diperhatikan yaitu harus tahu berapa luas dari bangunan yang ingin kita buat tersebut.
Untuk mengetahui luas bangunan hanya ada dua cara yaitu manual ataupun menggunakan rumus dan sanggup juga memanfaatkan sebuah tools berjulukan software AUTOCAD.
Setiap melaksanakan pembangunan sebuah rumah ataupun gedung niscaya yang harus diperhatikan ada Cara Menghitung Luas Bangunan, Rumah Dan Luas Tanah
1. Menghitung luas bangunan menggunakan rumus matematika.
Cara yang pertama yaitu menggunakan rumus matematika dengan cara melihat sketsa rumahnya apakah berbentuk persegi panjang, trapesium atau lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya sanggup dilihat gambarannya dibawah ini.
Rumah dengan sketsa tersebut berbentuk persegi panjang dengan ukuran lebar depan 5 meter dan panjang kebelakang 6m, jadi luasnya sanggup kita hitung dengan rumus L=P x l, Luas rumah = 5m x 6m = 30m².
2. Menghitung luas bangunan dengan software AUTOCAD
Selain menggunakan rumus anda juga sanggup menghitung menggunakan software autocad yang lebih akurat dan cepat. Cara ini sangat bermanfaat sekali namun dengan catatan bentuk rumah atau bangunan tidak banyak tekukan.
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat detail cara menghitungnya dibawah ini. Caranya sanggup dilakukan dengan perintah “Poly Line” atau cukup disingkat “PL” pada command kemudian enter dan dilanjut menciptakan garis mengelilingi bidang yang mau dihitung luasnya.
• berikutnya klik garis poly line terssebut kemudian ketik perintah “LIST” atau cukup disingkat “LI” enter, maka akan muncul jendela gres yang menampilkan keterangan luas, keliling, dan koordinat.
menghitung luas bangunan dengan autocad :
PLINE
Specify start point:
Current line-width is 0.0000
Specify next point or [Arc/Halfwidth/Length/Undo/Width]: *Cancel*
Command:
Command: LI
LIST 1 found
LWPOLYLINE Layer: “0”
Space: Model space
Handle = 224e
Closed
Constant width 0.0000
area 30000000.0000
perimeter 22000.0000
at point X=-45829.8649 Y=6642.9370 Z= 0.0000
at point X=-40829.8649 Y=6642.9370 Z= 0.0000
at point X=-40829.8649 Y= 642.9370 Z= 0.0000
at point X=-45829.8649 Y= 642.9370 Z= 0.0000
Perhatikan pada keterangan area 3000000, itu yaitu luasnya, kurangi 6 digit nol dibelakang sehingga ketemu 30 yang artinya luas bangunan = 30m².
Dari kedua cara tersebut boleh dipilih mana yang termudah dan tercepat, selanjutnya kita hitung panjang buw plank.
KETENTUAN BANGUNAN
Rumah atau bangunan yang kita miliki niscaya mempunyai batas – batas fisik yang gampang di kenali sebagai batas luas. Tapi perlu dipahami bahwa semua bab ruang yang mempunyai perkerasan lantai itu tidak sama perhitungan luasnya.
Misalnya luas sebuah ruang tidur ukuran 3 X 4 m² tidak dihitung sama dengan sebuah teras yang berukuran 3 X 4 m². Walaupun secara matematik keduanya mempunyai luas areal yang sama, yaitu 12 m².
Demikian juga apabila kita mempunyai ruang- ruang lain yang sejenis teras tadi, menyerupai balkon, selasar, atau mungkin mesanin. Kita ambil referensi dibeberapa kota besar, menyerupai Jakarta, Surabaya dan kota lainnya. Kota ini mempunyai ketentuan perihal cara menghitung luas bangunan.
Beberapa hal yang juga mungkin setiap pemilik bangunan harus tahu diantaranya, yaitu sebagai berikut:
1. Dalam menghitung jumlah luas lantai suatu ruangan,perhitungannya dilakukan hingga batas dinding terluar. Tentunya kalau ada ruang atau lebih yang berhimpitan dan dibatasi dinding, maka perhitungannya yaitu dari as ( tengah- tengah) dinding hingga dinding berikutnya.
2. Ruangan tertutup atap yang dindingnya lebih tinggi dari 1,20 m2 dari lantai atas,dihitung penuh ( 100 % ). Misal ruang ukuran tersebut 3 X 4 m2,maka luas yaitu 12 m².
Apabila dinding pembatas ruang tadi tingginya kurang dari 1,20 m², maka luas ruang itu hanya diperhitungkan separuhnya. Semua itu diperkenankan dari KDB yang ditentukan oleh kawasan tsb.
3. Overstek menyerupai balkon dengan dinding pagar tidak tinggi lebih dari 1,20 m2,tidak diperhitungkan luasnya.
4. Teras beratap dengan sebagian dindingnya mempunyai ketinggian  lebih dari 1,20 m² , diperhitungkan 60 % ruang bawah tanah, luas tanahnya dihitung 100 % .
Begitulah dengan memahami cara menghitung luas lantai bangunan menyerupai di atas, niscaya akan banyak bermanfaat bagi kita.
Demikian info yang sudah saya sampaikan mengenai cara menghitung luas bangunan baik itu menggunakan rumus ataupun menggunakan pinjaman software.
Memakai metode mana saja gotong royong sama saja asalkan sanggup menciptakan anda lebih nyaman, namun yang paling penting silahkan masukkan data yang benar supaya jadinya sanggup lebih akurat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghitung Luas Bangunan, Rumah Dan Luas Tanah"

Post a Comment