Menghitung Dengan Gampang Biaya Pembangunan Rumah 3 Kamar Tidur

Pengin bangkit rumah minimalis untuk keluarga tercinta? Pengin yang 3 kamar tidur? Jangan khawatir, di sini akan memperlihatkan tips dan cara menghitung estimasi biaya bangkit rumah minimalis 3 kamar. Oh, ya, di sini, Anda bisa menghitung sendiri tanpa derma konsultan, gampang banget, pokoknya. Nantinya, ada biaya satuan maupun per meter. Bentuk rumahnya juga bervariasi, ada type 45 atau type 36, dan 1  lantai maupun 2 lantai.

Pengin bangkit rumah minimalis untuk keluarga tercinta Menghitung dengan Praktis Biaya Pembangunan Rumah 3 Kamar Tidur


Perlu Anda ketahui juga bahwa bentuk rumah minimalis dengan 3 kamar, minimal bisa menggunakan desain rumah minimalis type 36/72 atau rumah type 45/72, itu kalau Anda mau ekonomis dalam membangun rumah sendiri, dan tidak mempunyai dana yang memadai untuk bangkit rumah di atas type 36/72 atau 45/72. Lalu, berapa biaya bangkit rumah minimalis 3 kamar? Apakah bisa dibangun dengan biaya 50 juta hingga 100 juta?

Menghitung dengan Praktis Biaya Pembangunan Rumah 3 Kamar Tidur


Berikut ini ialah tips dan cara menghitung estimasi biaya bangkit rumah minimalis 3 kamar tidur. Anda bisa melakukannya sendiri tanpa derma konsultan. Oh ya, satu hal lagi, perkiraan kami di sini ialah Anda sudah mempunyai tanah atau lahan yang akan dibangun rumah. Jadi, biaya lahan dan tanah tidak masuk ke dalam perhitungan ini. Untuk lebih jelas, berikut cara menghitung biaya elemen pembangunan rumah.

1. Biaya Material Bangunan

Anda harus benar-benar berfokus pada biaya material bangunan rumah minimalis 3 kamar tersebut. Kenapa? Pasalnya, biaya material inilah yang paling banyak menguras modal atau dana Anda sendiri, baik untuk materi bangunan yang dibeli satuan maupun dengan perhitungan per meter. Jadi, pastikan Anda menghitung dan memperhatikan penggunaan material dalam bangkit rumah. Berikut daftar material yang paling umum digunakan dalam pembangunan rumah minimalis.

SEMEN
Semen merupakan material utama dalam pembangunan rumah minimalis alasannya ialah hampir semua sudut rumah menggunakan materi semen ini, menyerupai untuk bangkit pondasi, bangkit dinding rumah, bangkit tembok, dan untuk membangun ruangan 3 kamar tersebut. Alokasi biaya untuk pembelian semen memang tergantung pada komposisi rumah yang akan dibangun.

Jadi, Anda mesti menghitung dengan cermat dan teliti biar bisa ekonomis dalam membangun rumah. Berapa biaya yang diperlukan untuk membeli semen? Untuk harga semen per sak dengan volume 50 kg, umumnya masih berkisar di angka Rp 50 ribu per kantong.

BATU BATA MERAH
Dalam pembangunan rumah, watu bata juga menjadi material paling, apalagi bagi rumah dengan desain berdinding semen. Batu bata merah cukup umum digunakan dalam konstruksi bangkit rumah. Jadi, untuk penggunaan watu bata ini, Anda harus bisa menghitung luas bangunan rumah per meter, lalu estimasi kuantitas material yang dibutuhkan. Berapa biaya yang dikeluarkan untuk beli bata merah? Harga standar watu bata merah yaitu Rp 800 rupiah per batang.

PASIR
Pasir merupakan salah satu materi atau material pokok lainnya yang menjadi bab penting dalam proses bangkit rumah minimalis 3 kamar yang Anda rencanakan. Banyak sekali fungsi material pasir dalam konstruksi pembangunan rumah. Salah satunya yaitu sebagai materi pencampur semen. Nah, berapa biaya atau harga pasir ketika ini? Untuk estimasi biaya material pasir ini berada di kisaran Rp 200 ribuan per meter kubik.

BATU KALI
Anda juga tidak bisa melupakan material ini. Pasalnya, elemen atau material ini juga mempunyai banyak fungsi dalam proses pembangunan rumah. Nah, berapa biaya yang perlu disiapkan untuk membeli material ini? Jika melihat di toko material, maka hitungan harga standar watu kali berada di kisaran Rp 200 ribuan per meter kubik. Mau sanggup harga yang lebih murah? Anda bisa membeli secara pribadi ke penambang batu.

BESI atau BAJA
Material besi atau baja biasanya digunakan dalam proses konstruksi pembangunan pondasi rumah. Elemen inilah yang bisa membuat rumah Anda terlihat kokoh dan kuat. Dalam membuat anggaran biaya bangkit rumah minimalis 3 kamar, pastikan Anda tidak melupakan untuk membeli materi besi atau baja ini.

Nah, untuk harga besi, Anda bisa mendapat di kisaran Rp 15 ribu - Rp 100 ribu per batang. Sedangkan untuk harga standar baja, Anda bisa mendapat di kisaran Rp 50 ribuan per batang.

KAYU
Meskipun bangunan rumah Anda sebagian besar didominasi dengan dinding, tetap saja Anda tidak bisa melupakan material kayu dalam proses pembangunan rumah minimalis tersebut. Apa pun desain atau model rumah yang Anda buat, elemen kayu niscaya dibutuhkan. Biasanya, material kayu digunakan untuk elemen kerangka rumah dan atap.

Nah, berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk membeli materi kayu ini? Harga standar material kayu biasanya berada di kisaran Rp 75 ribu - Rp 100 ribu per meter. Jadi, pastikan Anda memasukkan biaya kayu dalam anggaran bangkit rumah minimalis 3 kamar tersebut.

PAKU
Material berukuran mini ini mustahil bisa Anda lupakan, apalagi kalau rumah Anda banyak menggunakan kayu. Nah, untuk biaya materi paku ini bahwasanya tidak membutuhkan anggaran yang relatif besar. Anda bisa mendapat material ini di harga Rp 30 ribuan per kilo.

MATERIAL ATAP RUMAH
Apa material yang akan Anda gunakan untuk atap rumah? Apakah genteng atau seng? Itu tergantung desain rumah yang ingin Anda ciptakan. Namun, untuk kisaran harga genteng tanah liat, Anda bisa mendapat dengan harga Rp 5 ribu rupiah per biji. Untuk seng, Anda bisa mendapat di harga Rp 50 ribu - Rp 100 ribu per lembar.

Nah, materi dan material bangunan di atas, bisa Anda masukkan ke dalam anggaran biaya bangkit rumah minimalis 3 kamar tersebut. Sebenarnya, masih ada beberapa material lagi yang bisa dimasukkan, tapi itu sangat relatif, tergantung bentuk konsep dan desain rumah yang Anda buat. Namun, material bangunan di atas merupakan materi yang paling umum dalam pembangunan rumah.

2. Ongkos Tukang Bangunan

Dalam pembangunan rumah, tukang bangunan merupakan pelopor utama biar terwujudnya desain rumah yang Anda inginkan. Oleh alasannya ialah itu, Anda mesti memikirkan berapa jumlah tukang yang akan Anda gunakan jasanya. Tentu saja, kuantitas tukang harus diubahsuaikan dengan dengan konsep rumah. Dengan membuat rumah minimalis 3 kamar tidur, setidaknya Anda bisa menggunakan 3 orang tukang.

Selain itu, pastikan Anda menentukan tukang yang jago dan berpengalaman dalam pembangunan rumah sehingga bisa menghasilkan bentuk konstruksi bangunan yang sesuai dengan harapan. Lalu, berapa biaya tukang yang ideal? Memang, setiap tukang niscaya mematok harga yang bervariasi. Namun, estimasi biaya tukang per hari secara umum yaitu berada di kisaran Rp 80 ribu - Rp 150 ribu per orang.

3. Biaya Tukang dan Pemasangan Instalasi

Dalam pengerjaan rumah, tentu saja Anda membutuhkan tukang khusus untuk instalasi, menyerupai instalasi listrik, air, dan lainnya. Nah, untuk biaya atau ongkos tukang instalasi juga bervariasi, tetapi secara umum berada dikisaran Rp 100 ribuan. Itu gres jasa tukangnya saja, belum biaya instalasinya. Meskipun begitu, kalau dibentuk estimasi, maka total keseluruhan biaya instalasi rumah bisa mencapai Rp 3 jutaan.

4. Biaya Finishing

Untuk menghitung biaya bangkit rumah minimalis 3 kamar tidur secara komprehensif, maka Anda tidak bisa melupakan biaya finishing rumah, menyerupai biaya pembelian cat, keramik, gorden, dan sejenisnya. Pembuatan anggaran untuk biaya finishing sangat penting untuk melihat secara menyeluruh pengeluaran yang diperlukan untuk pembangunan rumah.

5. Biaya Lain-lain

Untuk biaya lain-lain, bahwasanya ini perlu dipersiapkan juga dalam proses bangkit rumah. Kenapa? Dikhawatirkan, kalau nantinya ada hal-hal yang di luar dari perencanaan, maka Anda bisa dengan sigap mengantisipasi. Oleh alasannya ialah itu, Anda bisa membuat anggaran khusus untuk biaya lain-lain.

Hitung-Hitungan Biaya Membangun Rumah Minimalis 3 Kamar

Pengin bangkit rumah minimalis untuk keluarga tercinta Menghitung dengan Praktis Biaya Pembangunan Rumah 3 Kamar Tidur

Untuk bangkit rumah sendiri dengan bentuk desain minimalis 3 kamar, berapa biaya yang dibutuhkan? Apakah biasa dilakukan dengan biaya 50 juta atau 100 juta? Sangat bisa, asalkan ini murni biaya bangunan rumah saja dan tidak termasuk pengeluaran untuk lahan atau tanah. Nah, berikut estimasi yang bisa menjadi citra umum untuk Anda.

BIAYA TUKANG 3 ORANG
Anggaplah satu orang tukang membutuhkan biaya Rp 100 ribu per hari. Jadi, 3 orang x Rp 100 ribu = Rp 300 ribu per hari. Jika Anda menargetkan untuk membangun rumah dalam jangka waktu 30 hari, maka Rp 300 ribu x 30 = Rp 9 juta.

BIAYA SEMUA MATERIAL
Untuk biaya materi bangunan rumah, menyerupai semen, watu bata, watu kali, pasir, kayu, paku, genteng, dan sejenisnya, diasumsikan akan menghabiskan dana sebesar Rp 40 juta.

BIAYA INSTALASI
Untuk biaya instalasi secara keseluruhan, estimasi dana yang diperlukan yaitu Rp 3 juta.

Jadi, total biaya pengeluaran untuk bangkit rumah minimalis 3 kamar tidur yaitu Rp 9 juta + Rp 40 juta + 3 juta = Rp 52 juta.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menghitung Dengan Gampang Biaya Pembangunan Rumah 3 Kamar Tidur"

Post a Comment