Tips Mengkondisikan Udara Dalam Ruang Sejuk Dan Nyaman

Tips Mengkondisikan Udara Dalam Ruang Sejuk Dan Nyaman Tips Mengkondisikan Udara Dalam Ruang Sejuk Dan Nyaman


  1. Perhatikan desain bangunan Anda, apakah memungkinkan terjadinya sirkulasi udara yang baik. Setidaknya, terdapat jendela dan boivenlicht sebagai jalan keluar dan masuknya udara,sehingga memungkinkan tejadinya cross ventilation.
  2. Buat ventilasi pada potongan bawah bangunan. Tak perlu terlalu besar, cukup 10 cm X 10 cm atau 15 cm x 15 cm. Jangan lupa memasang kawat untuk mencegah masuknya nyamuk dan binatang lainnya.
  3. Sebaiknya tidak menghilangkan plafon, sebab ruang di antara atap plafon ini sanggup menjadi buffer (predam) panas dalam hal ini mencegah turunnya panas dari atap ke dalam ruang.
  4. Bahan epilog atap yang terbaik ialah dari keramik atau beton, sebab ia tak meneruskan semua panas yang diterimanya ke dalam ruang, tapi sebagian dipantulkan dan disimpan.
  5. Supaya ruang makin adem,adabaiknyamengurangi penggunaan materi metal pada bangunan. Begitu pula dengan beling yang lebar-lebar. Bisa diatasi dengan pemilihan kaca triple-glass atau material yang memang umum dan cocok dipakai untuk iklim tropis.
  6. Untuk mengurangi panas pada ruang bawah atap, gunakan materi insulasi aluminium. Bahan ini berbentuk lembaran yang di tengahnya terdapat rongga. Terbuat dari aluminium foil yang sanggup mengurangi panas hingga dengan 8-120 C. Panas matahari yang terkena atap akan tertahan dan dipantulkan kembali,sehingga panas yang masuk akan berkurang. Cara pasangnya pun mudah, cukup ditempatkan antara kaso dan reng, sanggup juga di bawah atap.
  7. Cara lain untuk mengurangi panas pada ruang bawah atap,dengan alat turbin ventilator. Alat ini bekerja mengeluarkan angin yang ada di dalam ruang bawah atap. Ada elemen pada alat ini yang berputar hingga dengan kecepatan angin 240 km per jam. Turbin ventilator terbuat dari polycarbonate, bentuknya kisi vertikal. Pemasangan turbin ventilator ini akan sangat membantu menurunkan suhu ruang bawah atap.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengkondisikan Udara Dalam Ruang Sejuk Dan Nyaman"

Post a Comment