Cara Murah Bangkit Rumah Sendiri

Kamu punya tanah dan ingin bangkit rumah sendiri tapi dana terbatas? Ga usah galau, kau bisa kok bangkit rumah sederhana namun terkesan modern dan megah. Namun, namanya bangkit rumah pastinya tetap saja butuh dana yang cukup besar, bukan?
 Kamu punya tanah dan ingin bangkit rumah sendiri tapi dana terbatas Cara Murah Bangun Rumah Sendiri

Berikut ini langkah yang bisa kau lakukan untuk membangun rumah elok berkualitas dengan biaya terjangkau.

  1. Bikin Rencana Pembangunan Rumah
Sebagai langkah awal, rencanakanlah pembangunan rumah. Mulai dari dana, ukuran bangunan, sampai sasaran penyelesaiannya. Rencana ini nantinya berfungsi sebagai pengendali kemungkinan terjadinya penyimpangan selama proses pembangunan.

Jika implementasi pembangunan rumah melenceng dari rencana, tentu akan berimbas pada biaya yang harus dikeluarkan. Waktu pembangunan yang tak sesuai kegiatan sudah niscaya akan menambah biaya tukang. Maka itu, pilihlah tukang atau pemborong profesional yang benar-benar mahir dalam bidangnya, sehingga bisa mengerjakan pembangunan rumah sesuai rencana.

  1. Pilih Desain Minimalis
Desain minimalis lebih efisien dalam penggunaan materi bangunan, namun rumah bisa tetap terkesan modern dan mewah. Desain minimalis itu hemat ruang, sehingga tak banyak menghabiskan material bangunan. Untuk memperoleh desain rumah minimalis, kau bisa mencarinya di internet. Jadi, kau tak perlu mengeluarkan uang untuk pendesainnya atau sang arsitek.

  1. Tentukan Bentuk Bangunan
Bentuk bangunan besar lengan berkuasa pada tingkat kesulitan pembangunan dan kebutuhan materi bangunan. Rumah berbentuk persegi atau persegi panjang cenderung lebih gampang dibangun dan lebih hemat biaya dibandingkan dengan rumah berbentuk segitiga atau yang bersudut lainnya.
Membentuk beberapa sudut atau lengkungan akan menyisakan banyak material bangunan. Selain itu, tingkat kesulitan pada bangunan bersudut atau lengkung juga lebih tinggi, sehingga berisiko pada bentuk bangunan yang kurang sempurna. Kalau mau dirombak, butuh lebih banyak waktu dan juga biaya.

  1. Lakukan Riset Harga Material Bangunan
Harga material bangunan yang cenderung naik menjadi salah satu faktor yang harus kau pertimbangkan. Agar kebutuhan dana untuk materi bangunan bisa kau perkirakan, maka lakukanlah riset ihwal harganya. Jangn segan atau aib keluar-masuk toko-toko bangunan guna menanyakan harga material yang kau butuhkan. Kamu bisa menentukan materi bangunan yang berkualitas dengan harga yang lebih murah.

  1. Selektif Pilih Tukang Bangunan
Mengingat pentingnya tugas tukang dalam membangun sebuah rumah, maka biaya untuk membayar jasanya perlu kau siapkan. Selektiflah dalam menentukan tukang. Pilihlah tukang yang benar-benar mahir di bidangnya dan mempunyai reputasi kerja yang baik. Hal ini penting alasannya ialah baik-tidaknya kinerja tukang akan mensugesti efisiensi proses pembangunan rumah.

  1. Membangun Secara Bertahap
Kamu tak perlu menunggu semua uang terkumpul dulu untuk membangun rumahmu. Kamu bisa memulainya secara bertahap. Mulai dari pembuatan fondasi, pendirian bangunan, sampai pemasangan atap dilakukan dan diadaptasi dengan anggaran yang ada. Memang karenanya rumahmu akan usang terbangunnya, tapi cara ini akan memberi kau kesempatan untuk lebih fokus pada setiap tahapnya. Dana yang kau keluarkan pun sanggup lebih terkendali dan gampang dipantau.

  1. Gunakan Material Lokal
Bahan bangunan berkualitas tak harus mahal atau pun produksi luar negeri. Supaya bisa irit, kau bisa memakai materi bangunan lokal. Selain gampang ditemukan, jenis materi bangunan lokal juga lebih murah harganya.

  1. Bikin Ruangan Multifungsi
Rumah yang punya banyak ruangan cenderung memakan biaya lebih mahal. Solusinya, buatlah ruangan multifungsi, semisal ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga, dapur disatukan dengan ruang makan.

sumber: rumah123.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Murah Bangkit Rumah Sendiri"

Post a Comment