Gaya Model Rumah Mediterania



Setiap gaya arsitektur dan gaya interior dirumah ini mempunyai wujud detail, baik fungsional maupun dekoratif, yang menjadi ciri khasnya yang membuat atmosfer tertentu. Dengan memadukan beberapa detail gaya yang berbeda sesuai dengan cita-cita pemilik hunian, terciptalah penampilan ruang dan suasana gres yang membuat huruf pribadinya.

Penampilan luar bangunan dua lantai yang letaknya tersembunyi dari jalur kendaraan ini didominasi oleh dinding masif yang diberi finishing cat kamprot,kolom-kolom yang ditutupi watu alam dan atap genteng berbentuk pelana. Sosok bangunan tersebut memang menegaskan ciri khas Ianggam mediterania. Namun, ornamen hiasnya dibentuk simpel, hanya berupa komposisi garis-garis horizontal dan vertikal serta kotak-kotak. Detail ini diaplikasikan pada kolom, teritis jendela dan teras depan serta pilihan warna yang teduh menyerupai kombinasi krem dan cokelat. Agar suasana lebih natural, pemilik menonjolkan pemakaian material alami contohnya serat kayu jati dan watu paras jogja yang dikombinasikan dengan tanaman merambat pada kolom. Pengolahan detail bangunan ini juga diterapkan pada desain interior rumah hingga ke halaman di tengah rumah.


Berbeda dengan rumah biasa, hunian ini mempunyai sebuah area terbuka di tengah rumah yang dikelilingi oleh ruang-ruang fungsional. Desain ini mengadopsi konsep inner Courtyard berisi taman atau bak hias yang biasa ditemui pada rumah bergaya mediterania. Dalam aplikasinya, area terbuka ini diolah menjadi bak renang. Unsur air di antara dinding bangunan yang solid akan memberi rasa segar dan “dingin” sehingga area ini menjadi fokus orientasi didalam rumah. Salah satu sisi area dijadikan daerah untuk duduk-duduk dan ketiga sisi lainnya diapit oleh ruang duduk keluarga,ruang makan dan kamar tidur utama. Dinding-dinding yang mengelilingi area terbuka ini dirancang berupa formasi pintu beling transparan sehingga memaksimalkan pandangan, masuknya cahaya alami dan sirkulasi udara segar ke dalam hunian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gaya Model Rumah Mediterania"

Post a Comment