Tips Desain Gambar Rumah Minimalis 2 Lantai




Gambar rumah minimalis 2 lantai ketika ini semakin gampang dicari dan dijadikan tumpuan dalam membangun rumah 2 lantai yang elegan dan terlihat mewah. Namun tumpuan saja tidak cukup. Harus ada beberapa ilmu dasar untuk bisa membentuk rumah rumah 2 lantai mungil yang baik. Simak klarifikasi berikut ini.

Berbagai Gambar Rumah Minimalis 2 Lantai
Di Perkotaan, kebutuhan akan hunian kian hari kian meningkat. Orang-orang berbondong-bondong untuk bisa mempunyai rumah sendiri sebab memang mempunyai rumah sendiri lebih menyenangkan daripada terus-terusan menyewa. Banyak di antara mereka yang memakai sistem KPR sebab dikira lebih gampang dalam kepemilikan rumah. Namun tidak jarang juga yang hanya membeli lahan untuk kemudian membangun sendiri rumah. Membangun rumah sendiri memang menawarkan banyak keuntungan, diantaranya bisa memilih rumah dan desain ruang sesuai selera.
Namun ketika ini lahan yang harganya juga semakin mahal ini biasanya hanya bisa dibeli dalam ukuran yang kecil. Lahan yang kecil biasanya dikembangkan menjadi rumah dua lantai untuk memenuhi kebutuhan berhuni yang cukup tinggi. Apalagi untuk keluarga yang sudah mempunyai anak, maka rumah dua lantai bisa menjadi solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan ruang dan hunian mereka.
Bagi Anda yang ingin merancang atau mendesain rumah minimalis 2 lantai modern, ada baiknya membaca beberapa tips berikut ini untuk membentuk sketsa rumah yang ideal:
·       Sediakan ruang yang kecil di kepingan depan rumah untuk taman depan rumah. Di kepingan taman tersebut bisa juga diberi jalan untuk masuk ke dalam rumah.
·     Sediakan satu ruang untuk memarkir kendaraan. Untuk rumah kecil biasanya cukup dengan menawarkan carport atau ruang parkir mobil. Namun jikalau masih ada sisa lahan, bisa juga dengan menambahkan garasi.
·         Kemudian, sediakan ruang teras sebelum masuk ke ruangan. Teras ini juga bisa berfungsi untuk mendapatkan tamu, yaitu dengan diberikan meja dan dingklik sederhana nantinya.
·         Setelah menyediakan teras, sediakan ruang tamu yang cukup untuk mendapatkan tamu. Tidak perlu terlalu luas, yang penting ada ruang khusus untuk tamu.
·         Sebelah ruang tamu bisa dijadikan ruang untuk kamar tidur anak.
·     Sediakan ruangan untuk keluarga di kepingan tengah rumah. Untuk menghemat ruangan, ruang keluarga dan ruang makan bisa digabung menjadi satu. Atau ruang makan yang digabung dengan dapur.
·         Jika masih ada sisa ruang, sediakan satu lagi kamar tidur. Atau bisa juga dijadikan kamar mandi dan ruang tangga. Ruang tangga ini penting, untuk menghubungkan lantai pertama dengan lantai kedua
·         Biarkan kepingan belakang rumah menjadi taman yang cukup luas untuk sirkulasi udara dan bisa untuk bersantai di sore hari. Taman di kepingan belakang ini juga bisa dijadikan ruang basuh serta ruang jemur, mengingat ketika ini banyak rumah yang didesain tanpa memperhatikan ruang jemur, sehingga jemuran biasanya akan mengganggu visual dari rumah tersebut.
·         Di lantai dua, letakkan dua kamar tidur. Satu kamar tidur bisa menjadi kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam. Sisa ruang sirkulasi bisa dijadikan ruangan santai untuk menonton televisi di lantai atas.
·         Bila perlu, sediakan balkon kecil untuk bersantai atau menikmati udara segar pagi hari. Balkon ini juga bisa mempercantik eksterior rumah jikalau didesain dengan baik dan maksimal.

Penataan Interior Rumah Minimalis 2 Lantai
Dalam penataan interior gambar rumah minimalis 2 lantai, diharapkan konsep tata ruang yang baik biar rumah dua lantai bisa berfungsi maksimal. Perhatikan beberapa kaidah berikut ini:
·         Sebaiknya gunakan perabot yang ukurannya tidak terlalu besar. Gunakan perabot minimalis yang benar-benar dibutuhkan.
·         Cara lain yaitu dengan memakai perabot multifungsi, yaitu perabot yang mempunyai fungsi ganda. Misalnya rak yang sekaligus difungsikan sebagai kawasan untuk meletakkan televisi.
·         Letakkan perabot multifungsi di salah satu sudut terpenting ruangan. Jika perabot difokuskan pada satu sudut, maka akan ada sisa ruang yang cukup luas untuk bisa dimanfaatkan.
Penataan Eksterior Rumah Minimalis 2 Lantai
Penataan eksterior model rumah minimalis 2 lantai sederhana juga perlu diperhatikan. Biasanya untuk desain eksterior harus mempertimbangkan beberapa hal utama, antara lain luas bangunan, luas rumah, jarak bangunan ke muka jalan, keberadaan taman, tinggi bangunan, dan sebagainya. Semua komponen harus benar-benar ideal dan proporsional.
Kebanyakan sisa tanah di depan area rumah minimalis difungsikan sebagai pagar. Hal ini tentu bermanfaat untuk menambah kesan keamanan dan kemewahan. Namun desain pagar juga sebaiknya dipilih yang benar-benar fungsional. Jika perlu, rancang bentuk pagar untuk bisa dijadikan sebagai media tanam flora kecil. Hal ini akan bermanfaat untuk menambah tanaman di depan rumah.
Itulah beberapa kaidah dalam merancang gambar rumah minimalis 2 lantai yang bisa dilakukan sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat untuk banyak pihak.

Sumber: hargarumahdijogja.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Desain Gambar Rumah Minimalis 2 Lantai"

Post a Comment